Halo... kali ane mau bahas tentang bagaimana cara pemograman AVR Mikrikontroler dengan Bacom. Untuk post kali ini ane akan mengunakan contoh pembacaan suhu pada LCD Alphanumeric 16*2 berbasis mikrokontroler dengan program ane pake Bascom, tentunya pake C agar lebih mudah.

Untuk sensor suhunya ane pake LM35 yang merupakan sensor suhu low cost yang sensitif dan presisi dengan satuan celcius, dengan keluaran tegangan analog yang sudah linier sehingga sensor ini sudah terkalibrasi. Jangkauan suhu yang dapat dideteksi oleh LM35 diantara -55 derajat sampai 150 derajat celcius. Keluaran analog nya linier 10.0 mV/ derajat celcius. Untuk lebih lengkapnya silahkan chek datasheet-nya, bisa cari di Google banyak kok brow..heehehe


Berikut ini adalah screnshot yang telah ane buat tadi malem :

Disitu ane pake ATmega16.

Berikut dibawah ini adalah source code-nya. Pake Bascom ya brow... soalnya lebih mudah, ya maklum ane juga masih belajar nie... hihihihihi
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
$regfile = "m16def.dat"
$crystal = 11059200

Config Lcdpin = Pin , Db4 = Portc.3 , Db5 = Portc.2 , Db6 = Portc.1 , Db7 = Portc.0 , E = Portc.4 , Rs = Portc.5
Config Lcdbus = 4
Config Lcd = 16 * 2
Cursor Off
Deflcdchar 0 , 14 , 10 , 14 , 32 , 32 , 32 , 32 , 32

Config Adc = Single , Prescaler = Auto , Reference = Internal

Dim A As Word , Volt As Word , Volt_d As Byte
Start Adc

Cls
Do

Locate 1 , 1
Lcd "Suhu Ruang"      // suhu ruang bisa di ganti, jangan tr'lalu panjang
A = Getadc(0)
Volt = A * 5
Volt_d = Volt Mod 10
Volt = Volt / 20
Locate 2 , 1
Lcd Volt ; "," ; Volt_d

Locate 2 , 6
Lcd Chr(0) ; "C"
Loop


----------------------------------------------------------------------------------


 
Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Post a Comment

 
Top